Friday, November 6, 2009

HTC Dream, my first android phone...

Dengan semakin gencarnya berita-berita tentang Android, memaksa aku untuk mencoba dan merasakan apakah emang bener-bener hebat si Android itu ???

Sebelum melangkah lebih jauh, Android adalah sebuah sistem operasi (Operating System – OS) milik Google yang dikhususkan untuk handpone/pda/gadget. Ada banyak OS yang cukup terkenal… diantaranya Symbian, Windows Mobile, Blackberry, Apple iPhone dll. Dan Android muncul sebagai OS alternatif atau bisa juga sebagai tandingan untuk iPhone ????

Gadget yang barusan aku pegang adalah HTC Dream, sebuah Android Phone pertama yang dikeluarkan oleh HTC diawal tahun lalu, saat ini HTC sudah mengeluarkan 4 jenis Android Phone… CMIIW.

Meskipun bekas, gak masalah bagiku… hehehe dan aku lebih seneng beli gadget bekas karena keterbatasan dompet dan juga jika beli dari baru, harga  akan terjun bebas jika dijual kembali

Dilihat dari bentuknya, hampir gak ada perbedaan berarti dengan produk-produk HTC lainnya. Ada bentuk disain yang belum pernah aku temukan di gadget yang lain… yaitu sedikit lengkungan di bagian bawah HTC Dream.

Dengan adanya sedikit lengkungan itu kayaknya untuk mengurangi pantulan cahaya, agar layar bisa dibaca dengan jelas… dan ini udah aku rasakan manfaatnya, meskipun diluar ruangan, layar dapat dilihat dengan jelas… gak tau karna disainnya ato emang kualitas layarnya yang bagus

Selain disain lengkungan yang unik, ada 1 lagi disain yang gak kalah uniknya… yaitu disain sliding keyboard yang membentuk setengah lingkaran seperti gambar diatas. Jadi waktu sliding digeser keatas, layar akan belok dikit sebelum mencapai posisi diujung… beda dengan sliding pada umumnya yang langsung tegak lurus ketas.

Dengan disain seperti ini memungkinkan qwerty keyboard menjadi 5 baris seperti keyboard di PC/laptop pada umumnya. Meskipun qwerty keyboard bisa lapang dan maksimal, tapi aku merasa disain seperti ini kurang mantab… lebih nyaman dengan disain sliding umumnya yang tegak lurus.

Yang bikin seneng dengan HTC Dream adalah layarnya, dengan ukuran 3.2-inch dan resolusi 320 x 480 (HVGA) membuat mata tidak cepat lelah dan pengoperasian gadget dengan jari juga menjadi sangat nyaman.

Dengan layar jenis touch-sensitive ato capacitive screen, CMIIW… membuat pengoperasian dengan sentuhan jari semakin sempurna. Layar tidak akan mengenali sentuhan yang menggunakan ujung kuku ato stylus… harus bener-bener menggunakan sentuhan jari. Untuk itulah dalam paket penjualannya tidak disertakan stylus karna bakalan gak kepake hehehe

Secara umum, untuk hardware lainnya tidak ada perbedaan signifikan dengan gadget lainnya kecuali beberapa disain unik diatas. Bagaimana dengan softwarenya ??? seperti apa wujud nyata Android ???

Tunggu tulisan berikutnya… hehehe… biar gak penasaran, liat spec-nya dulu aja deh

  • Android 1.5
  • GSM/GPRS/EDGE
  • 3G/HSDPA/HSUPA
  • Bluetooth
  • Trackball buat yang seneng olahraga jempol
  • Sliding qwerty keyboard dengan 5 baris
  • GPS/Wifi
  • Digital Compass
  • Camera 3 MP
  • ROM 256/RAM 192

No comments:

Post a Comment